Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas 2 Semester 1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
| ||
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
1.2
|
Berwudhu sebelum shalat
Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
|
1.3
|
Berdo’a sebelum dan sesudah makan
| ||
1.4
|
Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
| ||
2.
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
2.2
2.3
|
Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
|
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
3.2
3.3
3.4
|
Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
|
3.5
|
Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
| ||
3.6
|
Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
| ||
3.7
|
Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
| ||
3.8
|
Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan
| ||
3.9
3.10
|
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
| ||
3.11
3.12
3.13
|
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas 2 Semester 2
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
| |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5 Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6 Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
0 komentar:
Post a Comment