RANCANGAN PEMBELAJARAN UNDERSTANDING BY DESIGN~Seberkas Coretan

Sunday, September 1, 2024

RANCANGAN PEMBELAJARAN UNDERSTANDING BY DESIGN

RANCANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PRISNIP UNDERSTANDING BY DESIGN

 A.    MENENTUKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Cuplikan CP

Cuplikan kalimat CP

Tujuan Pembelajaran

Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).

·       Mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).


Tujuan Pembelajaran 
1.     Mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bilangan desimal;
2.     Membandingkan bilangan desimal sampai angka di belakang koma; dan
3.     Mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).
 
B.    RANCANGAN ASESMEN
Asesmen Formatif
·       Membuat gambar persamaan bilangan pecahan dan desimal
·       Berpartisipasi aktif dalam kelompok diskusi
Asesmen Sumatif
·       Mendemonstrasikan/ mempresentasikan cara mengurutkan bilangan desimal
·       Mengerjakan soal latihan secara individu
 
C.    RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pemanasan
·       Peserta didik dikelompokkan menjadi kelompok kecil terdiri dari 5 sampai 6 orang
·       Guru memberikan pertanyaan kepada Peserta didik bagaimana cara menuliskan setengah dalam bentuk pecahan dan desimal
·       Guru membagikan lembar materi/ LKPD
Guru mengajak Peserta didik untuk mengamati gambar yang memuat berbagai bentuk pecahan
·       Guru meminta Peserta didik mengelompokkan gambar yang termasuk ke dalam pecahan desimal
·       Guru meminta Peserta didik untuk memberikan lingkaran pada gambar yang menunjukkan bilangan 0,5
Dalam proses ini guru membimbing Peserta didik tentang perubahan bentuk pecahan dan desimal
·       Guru meminta Peserta didik memberikan warna (arsir) pada gambar yang telah disediakan
·       Guru meminta Peserta didik untuk berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada pada buku Peserta didik/ lembar materi
Dalam tahap ini guru berkeliling kelompok untuk memastikan Peserta didik mengerti dengan tugas dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan memberikan penilaian rubrik diskusi

Eksplorasi
Mengubah pecahan menjadi desimal
·       Guru mengajak Peserta didik untuk melakukan eksplorasi
·       Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi  perubahan pecahan menjadi desimal
Guru memberikan bimbingan dalam kegiatan eksplorasi
·       Guru memberi penjelasan cara mengubah pecahan menjadi desimal untuk pecahan yang penyebutnya tidak bisa diubah  menjadi kelipatan 10
Dalam tahap ini guru berkeliling kelompok untuk memastikan Peserta didik memahami materi yang disampaikan dan memberikan bimbingan
Membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal
·       Peserta didik menyelesaikan masalah menentukan nilai tempat bilangan desimal
·       Peserta didik mengurutkan bilangan desimal dari yang terkecil
·       Peserta didik mendemonstrasikan cara mengurutkan bilangan desimal
Diferensiasi
·       Guru memberikan contoh bilangan desimal yang lebih sederhana untuk peserta didik yang mengalami kesulitan menentukan nilai tempat bilangan desimal
Ayo Mencoba
·       Peserta didik menjawab soal latihan secara individu
Penutup
·       Guru melakukan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman Peserta didik

HASIL TELAAH

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.

Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

Item Pernyataan

Sudah

Belum

Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

 

Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.

P

 

Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik.

P

 

Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata.

P

 

Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri.

P

 

Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran.

P

 

 

Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta didik.

P

 

 

Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran

 

Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran.

P

 

 

Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja.

P

 

 

Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

P

 

 

Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran.

P

 

 

Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.

P

 

 

Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan.

P

 

 

Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran

 

Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran.

P

 

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam.

 

P

 

Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen.

P

 

Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

P

 

Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

P

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata.

P

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik.

P

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning.

P

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep-konsep esensial.

P

 

 

Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?

Setelah mengisi rubrik ceklist saya menyimpulkan rancangan pembelajaran yang disusun haruslah benar direncanakan dan relevan dengan kehidupan peserta didik, selain itu kegiatan pembelajaran harus dapat memancing aktivitas peserta didik melalui pembelajaran dengan konteks nyata, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam rancangan pembelajaran yang telah saya buat, terutama  pada aktivitas pembelajaran belum sepenuhnya membuat peserta didik menjelajahi konsep lebih dalam,  aktivitas pembelajaran yang saya rancang juga belum sepenuhnya menunjukkan aktivitas yang berorientasi kepada kebutuhan setiap peserta didik, hal ini dikarenakan karakteristik peserta didik yang beragam

 



6 komentar:

Anonymous said...

Cukup baik

Anonymous said...

Sangat bagus blog yang sangat membantu saya dalam memahami proses pembelajaran

Anonymous said...

Good job, Pak 👍

Anonymous said...

gale laka LKPD

Anonymous said...

Good sekali RANCANGAN PEMBELAJARANNYA. lanjutkan le,, Anak Tangerang Semakin GEMILANG

ADE SULAEMAN said...

Rancangan aktivitas