Cuplikan CP
Cuplikan kalimat CP | Tujuan Pembelajaran |
Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu
angka di belakang koma). | ·
Mengurutkan bilangan desimal
(satu angka di belakang koma). |
2. Membandingkan bilangan desimal sampai angka di belakang koma; dan
3. Mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).
B. RANCANGAN ASESMEN
Asesmen Formatif
· Berpartisipasi aktif dalam kelompok diskusi
Asesmen Sumatif
· Mendemonstrasikan/ mempresentasikan cara mengurutkan bilangan desimal
· Mengerjakan soal latihan secara individu
C. RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pemanasan
· Peserta didik dikelompokkan menjadi kelompok kecil terdiri dari 5 sampai 6 orang
· Guru memberikan pertanyaan kepada Peserta didik bagaimana cara menuliskan setengah dalam bentuk pecahan dan desimal
Guru mengajak Peserta didik untuk mengamati gambar yang memuat berbagai bentuk pecahan
· Guru meminta Peserta didik mengelompokkan gambar yang termasuk ke dalam pecahan desimal
· Guru meminta Peserta didik untuk memberikan lingkaran pada gambar yang menunjukkan bilangan 0,5
Dalam proses ini guru membimbing Peserta didik tentang perubahan bentuk pecahan dan desimal
· Guru meminta Peserta didik memberikan warna (arsir) pada gambar yang telah disediakan
· Guru meminta Peserta didik untuk berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada pada buku Peserta didik/ lembar materi
Dalam tahap ini guru berkeliling kelompok untuk memastikan Peserta didik mengerti dengan tugas dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan memberikan penilaian rubrik diskusi
Eksplorasi
Mengubah pecahan menjadi desimal
· Guru mengajak Peserta didik untuk melakukan eksplorasi
· Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi perubahan pecahan menjadi desimal
Guru memberikan bimbingan dalam kegiatan eksplorasi
· Guru memberi penjelasan cara mengubah pecahan menjadi desimal untuk pecahan yang penyebutnya tidak bisa diubah menjadi kelipatan 10
Dalam tahap ini guru berkeliling kelompok untuk memastikan Peserta didik memahami materi yang disampaikan dan memberikan bimbingan
Membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal
· Peserta didik menyelesaikan masalah menentukan nilai tempat bilangan desimal
· Peserta didik mengurutkan bilangan desimal dari yang terkecil
· Peserta didik mendemonstrasikan cara mengurutkan bilangan desimal
Diferensiasi
· Guru memberikan contoh bilangan desimal yang lebih sederhana untuk peserta didik yang mengalami kesulitan menentukan nilai tempat bilangan desimal
Ayo Mencoba
· Peserta didik menjawab soal latihan secara individu
Penutup
· Guru melakukan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman Peserta didik
HASIL TELAAH
Bapak/Ibu
guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD
dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan
pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman
sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan
mengisi rubrik checklist. Rubrik ini
memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan
pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana
perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.
Tabel 1.2
Rubrik Checklist Perancangan
Pembelajaran dengan Prinsip UbD
Item
Pernyataan |
Sudah |
Belum |
|
Langkah
1. Menentukan Tujuan Pembelajaran |
|
||
Saya
mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang
mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata. |
P |
|
|
Saya
menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi
pemahaman peserta didik. |
P |
|
|
Saya
mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan
dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata. |
P |
|
|
Saya
merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi
konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri. |
P |
|
|
Saya
menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran. |
P |
|
|
|
Saya
merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta
didik. |
P |
|
|
Langkah
2. Menentukan Asesmen Pembelajaran |
||
|
Saya
mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian
tujuan pembelajaran. |
P |
|
|
Saya
merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti
kinerja. |
P |
|
|
Saya
merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
P |
|
|
Saya
merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran yang
berkelanjutan selama proses pembelajaran. |
P |
|
|
Saya
mengembangkan instrumen penilaian autentik. |
P |
|
|
Saya
mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan pencapaian peserta
didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan. |
P |
|
|
Langkah
3. Merancang Kegiatan Pembelajaran |
||
|
Saya
menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. |
P |
|
|
Saya
mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk
menjelajahi konsep secara mendalam. |
|
P |
|
Saya
memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang terdapat pada asesmen. |
P |
|
Saya
memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mencapai
tujuan pembelajaran. |
P |
|
|
Saya
mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran. |
|
P |
|
Saya
mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. |
P |
|
|
Saya
mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal
peserta didik. |
P |
|
|
Saya
mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active
learning. |
P |
|
|
Saya
mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep-konsep esensial. |
P |
|
|
Bagaimana
kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru
miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?
Setelah
mengisi rubrik ceklist saya menyimpulkan rancangan pembelajaran yang
disusun haruslah benar direncanakan dan relevan dengan kehidupan peserta
didik, selain itu kegiatan pembelajaran harus dapat memancing aktivitas
peserta didik melalui pembelajaran dengan konteks nyata, akan tetapi ada
beberapa hal yang harus diperbaiki dalam rancangan pembelajaran yang telah
saya buat, terutama pada aktivitas
pembelajaran belum sepenuhnya membuat peserta didik menjelajahi konsep lebih
dalam, aktivitas pembelajaran yang
saya rancang juga belum sepenuhnya menunjukkan aktivitas yang berorientasi
kepada kebutuhan setiap peserta didik, hal ini dikarenakan karakteristik
peserta didik yang beragam |
6 komentar:
Cukup baik
Sangat bagus blog yang sangat membantu saya dalam memahami proses pembelajaran
Good job, Pak 👍
gale laka LKPD
Good sekali RANCANGAN PEMBELAJARANNYA. lanjutkan le,, Anak Tangerang Semakin GEMILANG
Rancangan aktivitas
Post a Comment