Rangka Manusia (Materi IPA Kelas 4 SD)~Seberkas Coretan

Sunday, July 21, 2013

Rangka Manusia (Materi IPA Kelas 4 SD)

Rangka memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
1) Memberikan bentuk pada tubuh,
2) Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak,
3) Menjaga tubuh agar tetap tegak, dan
4) Tempat menempelnya otot.
Secara garis besar, rangka manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain tulang rangka kepala(tengkorak), tulang rangka badan, dan tulang rangka anggota gerak.


1. Tulang Tengkorak (Tulang-tulang rangka kepala)

Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak. Apabila kepala terbentur maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak


2. Tulang-tulang rangka badan
Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah mulai dari leher sampai dengan panggul. Tulang rangka badan terdiri atas:

1) Tulang Leher
Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala, tulang leher terdiri atas 7 ruas. Dengan adanya tulang leher, kepala dapat berdiri tegak. Di samping itu, susunan tulang leher memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga kepala dapat mengangguk, menoleh ke samping, dan dapat diputar, tulang leher pun berfungsi untuk melindungi tenggorokkan, kerongkongan dan pita suara. Tenggorokkan merupakan saluran untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan pita suara merupakan alat penghasil suara.
2) Tulang dada dan tulang rusuk
Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Dengan adanya tulang rusuk dan  tulang dada, organ-organ penting manusia dapat terlindungi.
3) Tulang punggung
Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.
4) Tulang panggul

Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.

3. Tulang rangka anggota gerak

Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari  tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.

Sumber Materi 

0 komentar:

 
Bagi yang membutuhkan
Data NISN SDN Selatip
Silahkan Klik
DiSiNi