Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
mencontek
saat ujian
tidak
mengerjakan tugas yang diberikan
menyalin
tugas dari pekerjaan temannya
bolos
tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
malas
belajar
terlibat
tawuran
terlibat
narkoba
sering
telat masuk sekolah
tidak
menghormati guru dan orang lain
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
giat
belajar dan rajin membaca
membantu
teman/orang lain dan hormat pada guru
disiplin
dan mematuhi tatatertib sekolah
melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya
sportif
dalam bertindak
berani
mengakui kesalahan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
mentaati
aturan sekolah mulai dari kelas 1 sampai kelas 6
tertib
dalam antrian
santun
terhadap semua guru di sekolah
berinteraksi
dengan orang lain dengan percaya diri
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
mampu
menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
mampu
menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
mampu
menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
mampu
mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
mampu
membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
mampu
menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
menyimak
informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
mampu
melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
membuat
karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
melakukan
pengamatan dengan bimbingan dan petunjuk yang jelas dari guru
mengajukan
ide atau pertanyaan yang menunjukkan kreatifitas
mengamati
dan menanyakan tentang sebuah produk/karya seni atau teknologi
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
hasil meniru
karya orang lain
hasil
modifikasi karya orang lain
hasil kreasi
sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
ceramah
diskusi
dan tanya jawab
demonstrasi
penemuan
terbimbing
pemecahan
masalah
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Standar
Isi
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar
proses
Standar
penilaian
Panduan
penyusunan KTSP yang disusun BSNP
Standar
Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dari sekolah di negara maju
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Mengadopsi
dan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh BSNP
Mengembangkan KTSP melalui
KKG/KKS/MGMP
Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu panduan yang disusun BSNP
Mengembangkan
KTSP sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di negara maju
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
Beragam
dan terpadu
Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
Menyeluruh
dan berkesinambungan
Belajar
sepanjang hayat
Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
tes
tertulis
tes
lisan
pengamatan
kinerja
pengukuran
sikap
penilaian
hasil karya berupa tugas
penilaian
proyek
penilaian
produk
portofolio
penilaian
diri
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Sahih
(teruji kebenarannya)
Signifikan
(bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
Bermanfaat
secara akademis dan non akademis
Kelayakan
(mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
Relevan,
konsisten, dan edukatif
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
dominan
pada aspek sikap dan perilaku
dominan
pada aspek pengetahuan
dominan
pada aspek keterampilan
proporsi
sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Mengembangkan
ketrampilan berpikir kritis
Mengembangkan
ketrampilan pemecahan masalah
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya gemar membaca
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Sesuai
perkembangan usia peserta didik
Mengembangkan
karakter mulia.
Memperhatikan
gender
Memperhatikan
karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
Memperhatikan
kehidupan sosial peserta didik
Mengembangkan
sikap nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
Memfasilitasi
penggunaan teknologi
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Menganalisis
kompetensi yang akan diperoleh siswa
Menetapkan
materi ajar
Memilih
model/metode belajar yang relevan
Menentukan
dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
Menyusun
bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
Menyusun
penilaian yang relevan
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Memperhatikan
perbedaan individu
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
Umpan
balik dan tindak lanjut
Keterkaitan
dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
Penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
Metode
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik
Pemilihan
media yang sesuai
Penggunaan
sumber belajar yang relevan
Penggunaan
penilaian autentik
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
kompetensi
yang akan dicapai
cakupan
materi ajar
rancangan
tugas selama satu semester
tugas mandiri
dan tugas kelompok yang harus dikerjakan
penilaian
yang akan dilakukan
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Melakukan
remedial untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
Melakukan
refleksi proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
Menganalisis
daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
Mengecek
gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
Berkomunikasi
dengan teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Buku
teks dan lembar kerja dari penerbit tertentu
Buku
teks yang dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
Buku
panduan
Ensiklopedia
atau kamus
Majalah
dan/atau Koran
Internet
Diktat
yang dikembangkan sendiri
Modul
belajar
Nara
sumber yang menguasai bidangnya
Perpustakaan
atau museum
tidak
ada jawaban yang sesua
G.3.13
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Melaksanakan
program sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan
bertanggungjawab
Melaksanakan
pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur,
disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
Melaksanakan
pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur,
disiplin, dan bertanggungjawab
Melaksanakan
kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan karakter
jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.15
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Memperbanyak
aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
Memberi
tugas belajar berupa telaah buku dan membuat karya tulis
Melakukan
aktifitas belajar berkelompok
Memberi
tugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
Memberi
tugas berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
Mempresentasikan
hasil kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.17
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Tidak
cukup waktu
Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak
didukung Kepala Sekolah
Kurangnya
sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
Kemampuan
peserta didik tidak memadai
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.18
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Ceramah
dan diskusi
Belajar
berkelompok
Pembelajaran
berbasis proyek
Pembelajaran
berbasis masalah
Pembelajaran
inkuiri dan penemuan (discovery)
Strategi/metode
inovatif lainnya
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.19
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Tidak
cukup waktu
Kurang
menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak
didukung Kepala Sekolah
Kurangnya
sarana dan prasarana di sekolah
Kemampuan
peserta didik tidak memadai
tidak ada
jawaban yang sesuai
G.3.20
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Memotivasi
peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
Meningkatkan
keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
Melibatkan
peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan
sosial
Melakukan
pembelajaran secara inkuiri
Menumbuhkan
kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.3.27
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Lebih dari
2 kali/tahun
2
kali/tahun
1
kali/tahun
tidak
pernah
G.3.29
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Perencanaan
Pelaksanaan
pembelajaran
Penilaian
hasil belajar
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Obyektif,
yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
Terpadu,
yakni terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
Ekonomis,
yakni efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
Transparan,
yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan
dapat diakses oleh semua pihak
Akuntabel,
yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun
eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
Edukatif,
mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
menetapkan
indicator, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih
jenis instrumen
mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
mengkaji
SK/KD, menyusun kisi-kisi, memilih jenis instrument, menyusun instrumen
mengkaji
SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi
melakukan
pembahasan instrumen bersama teman sejawat, menyusun instrumen
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Dokumen
cetak
Dokumen
yang mudah diakses di internet
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Pedoman
penilaian
Kriteria
ketuntasan hasil belajar
Pedoman
penskoran termasuk rubrik penilaian
Petunjuk
tentang pengolahan nilai dan KKM
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Tes
tertulis
Tes
lisan
Instrumen
penugasan
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Menganalisis
kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
Melakukan
pengamatan sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak
mulia
Menganalisis
laporan hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
Menilai
sikap perilaku peserta didik ketika berada di sekolah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Lembar
Observasi
Penilaian
diri
Penilaian
antar teman
Jurnal
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Menganalisis
tes uraian menggunakan rubrik
Menilai
laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
Menilai
penyampaian peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
Menilai
sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Penilaian
karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
Melaksanakan
pameran hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
Penilaian
proses selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi
permasalahan dan menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
Penilaian
kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan
proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Fortofolio
Tes
praktek
Proyek
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
kurang
memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
belum
melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
tidak
cukup waktu untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
penilaian
sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Kemajuan
belajar siswa,
Kesulitan
belajar siswa,
Cara
melakukan perbaikan proses pembelajaran
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian secara
utuh
diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
dilakukan
dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan
secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
diperoleh
melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh
dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Rapat
Spanduk,
leaflet, brosur
Papan
pajangan/banner
Dokumen
RKS
Surat
edaran kepala sekolah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Kepala
sekolah
Guru
Orang
Tua Peserta didik
Pemerintah
daerah
Dunia
usaha dan dunia industri
Alumni
Tokoh
masyarakat
Ketua
Yayasan (untuk sekolah swasta)
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Penyusunan
RKAS sekolah
Membangun
kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
Pemecahan
masalah belajar peserta didik
Pengembangan
kurikulum dan silabus
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Melibatkan
orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
Melibatkan
guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
Menerapkan
azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
Menerapkan
sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat
sekolah menjadi mandiri
Menerapkan
standar pelayanan prima
Menerapkan
manajemen mutu terpadu
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Ikhlas
dalam melaksanakan kegiatan sekolah
Bertukar
pendapat dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
Disiplin
dalam menjalankan tugas
Sikap
ilmiah yang dimiliki warga sekolah
Suasana
kondusif di sekolah
Tolong-menolong
melalui kegiatan sosial sekolah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Kejujuran
Memperhatikan
bawahan, dan terbuka
Kerja
keras dan disiplin
komunikatif
dan perhatian
Bekerjasama
dengan pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Kepedulian
pimpinan terhadap program kerja sekolah
Tanggungjawab
kepala sekolah
Keikhlasan
dalam melaksanakan tugas
Kemampuan
mengorganisir staf/guru
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Dapat
diakses via internet
dapat
diakses melalui komputer di ruangan khusus
Disediakan
dalam bentuk laporan cetak
hanya
dapat diakses oleh pihak tertentu
Tidak
tersedia
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Digunakan
secara rutin
Tidak
dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
Tidak
dapat digunakan karena peralatan utama rusak
Tidak
digunakan karena tidak ada bahan yang dibutuhkan
Tidak
digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
Tidak
digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Sering
digunakan
Penyimpanan
yang tidak tepat
Tidak
dirawat secara rutin karena tidak ada dana
Tidak
digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
Memang
sudah rusak sejak diterima
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Sirkulasi
udara baik
Kebersihan
terjaga
Pencahayaan
cukup
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Ukuran
ruang standar
Penataan
ruang baik
Kelengkapan
perabot mencukupi
Tersedia
sambungan internet
Daya
listrik memadai
tidak
ada jawaban yang sesuai
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Ukuran
ruang memadai
Penataan
ruang baik
Kelengkapan
perabot mencukupi
Peralatan
Memadai
Sambungan
internet
Daya
listrik yang memadai
tidak
ada jawaban yang sesuai
0 komentar:
Post a Comment