KUNCI TRY OUT SIMULASI PPG PILOTING~Seberkas Coretan

Friday, October 25, 2024

KUNCI TRY OUT SIMULASI PPG PILOTING

 TRY OUT SIMULASI PPG PILOTING

SOAL TRYOUT PGSD

1.    Pada aktivitas pembelajaran di kelas, guru memberikan soal pada peserta didiknya sebagai berikut: jika suatu persegi panjang memiliki panjang sisi 15 cm dan lebar 10 cm, tentukan keliling persegi panjang tersebut. Jawaban siswa adalah 150cm2, dengan alasan keliling persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar. Penanganan yang tepat untuk mengatasi kesulitan peserta didik tersebut adalah memberikan ....

A.     penjelasan ulang bahwa rumus keliling persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar

B.     pertanyaan pancingan terkait dengan rumus luas persegi panjang

C.     scaffolding kepada peserta didik, cara menentukan keliling bangun persegi panjang

D.     soal lebih sulit tentang menentukan keliling bangun persegi panjang

E.      hukuman pada peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menjawab

 

2. Seorang guru melakukan pembelajaran di kelas untuk membuat peserta didiknya kompeten tentang rumus luas segitiga. Untuk mencapai harapannya tersebut, guru melakukan pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik.

Pernyataan di bawah merupakan pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik.

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V)! Jawaban benar lebih dari satu.

A.     Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap kelompok diberi soal menentukan luas segitiga. Setiap peserta diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Setelah pekerjaan selesai, semua peserta didik diminta untuk mengumpulkan jawabannya.

B.     Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap kelompok diberi soal menentukan luas segitiga. Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi menyelesaikan soal yang diberikan. Setelah diskusi selesai, salah satu kelompok diminta untuk presentasi dan kelompok lain untuk menanggapi. Terakhir, guru memberikan penguatan materi.

C.     Guru menjelaskan rumus luas segitiga. Semua peserta didik diberi latihan untuk menghitung luas segitiga. Semua peserta didik diminta untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.

D.     Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap kelompok diberi lembar kerja menentukan luas segitiga. Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi lembar kerja yang diberikan. Setelah diskusi selesai, salah satu kelompok diminta untuk presentasi dan kelompok lain untuk menanggapi. Terakhir, guru memberikan penguatan materi.

E.      Guru meminta peserta didik bekerja secara berpasangan untuk menentukan luas segitiga. Setelah selesai kerja berpasangan, salah seorang peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil kerja pasangannya, siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan. Setelah presentasi selesai, guru memberikan penegasan.

 

3.    Ibu Wati guru SD akan membelajarkan materi tentang penerapan luas lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. Ibu Wati merencanakan kegiatan pembelajaran secara kolaboratif bersama peserta didik. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki tanggung jawab, kemandirian, mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya dengan baik tanpa ada bullying, tidak ada pemaksaan kehendak. Dalam perencanaan itu dibicarakan tentang aturan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik dalam kegiatan, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat di akses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaikan rencana kegiatan secara kolaboratif. Model pembelajaran yang dipraktekkan oleh Ibu Wati mencerminkan pemberian kesempatan peserta didik....

A.     Merasa aman dan nyaman dalam pembelajaran

B.     Patuh melaksanakan ajaran agama dan rukun dengan pemeluk agama lain

C.     Menjadi pribadi yang jujur dan bersikap tidak menyontek

D.     Serius dan sungguh-sungguh dalam belajar baik di kelas maupun di rumah

E.      Menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi

 

4. Seorang guru SD merancang desain pembelajaran matematika yang terstruktur sebagai berikut: Guru mengajak peserta didik mengamati gambar suatu segitiga yang berasal dari setengah persegi panjang beserta ukurannya. Kemudian guru mengajak peserta didik untuk menemukan tinggi segitiga tersebut. Setelah tinggi segitiga ditemukan, guru mengajak peserta didik untuk membandingkan luas segitiga dengan luas persegi panjang. Kegiatan pembelajaran yang direncanakan guru tersebut bertujuan untuk menemukan.....

A.     rumus luas persegi panjang

B.     rumus garis tinggi segitiga

C.     panjang salah sama sisi segitiga

D.     rumus luas segitiga

E.      rumus keliling segitiga


lebih lengkap silahkan download https://drive.google.com/file/d/1-Ngbxtl74hRqvcWe2cm-DpbYUiGgdBzA/view?usp=drive_link

0 komentar: