TRY OUT SIMULASI PPG PILOTING
SOAL
TRYOUT PGSD
1. Pada
aktivitas pembelajaran di kelas, guru memberikan soal pada peserta didiknya
sebagai berikut: jika suatu persegi panjang memiliki panjang sisi 15 cm dan
lebar 10 cm, tentukan keliling persegi panjang tersebut. Jawaban siswa adalah
150cm2, dengan alasan keliling persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar.
Penanganan yang tepat untuk mengatasi kesulitan peserta didik tersebut adalah
memberikan ....
A.
penjelasan ulang bahwa rumus keliling persegi panjang adalah
panjang dikalikan lebar
B.
pertanyaan pancingan terkait dengan rumus luas persegi
panjang
C.
scaffolding kepada peserta didik, cara menentukan keliling bangun
persegi panjang
D.
soal lebih sulit tentang menentukan keliling bangun persegi
panjang
E.
hukuman pada peserta didik yang mengalami kesalahan dalam
menjawab
2. Seorang guru melakukan pembelajaran di kelas
untuk membuat peserta didiknya kompeten tentang rumus luas segitiga. Untuk
mencapai harapannya tersebut, guru melakukan pengelolaan kelas yang berpusat
pada peserta didik.
Pernyataan di bawah merupakan pengelolaan kelas yang berpusat
pada peserta didik.
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V)!
Jawaban benar lebih dari satu.
A.
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap
kelompok diberi soal menentukan luas segitiga. Setiap peserta diminta untuk
menyelesaikan soal yang diberikan. Setelah pekerjaan selesai, semua peserta
didik diminta untuk mengumpulkan jawabannya.
B.
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap kelompok
diberi soal menentukan luas segitiga. Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi
menyelesaikan soal yang diberikan. Setelah diskusi selesai, salah satu kelompok
diminta untuk presentasi dan kelompok lain untuk menanggapi. Terakhir, guru
memberikan penguatan materi.
C.
Guru menjelaskan rumus luas segitiga. Semua peserta didik
diberi latihan untuk menghitung luas segitiga. Semua peserta didik diminta
untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
D.
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok, tiap kelompok
diberi lembar kerja menentukan luas segitiga. Setiap kelompok diminta untuk
berdiskusi lembar kerja yang diberikan. Setelah diskusi selesai, salah satu
kelompok diminta untuk presentasi dan kelompok lain untuk menanggapi. Terakhir,
guru memberikan penguatan materi.
E.
Guru meminta peserta didik bekerja secara berpasangan untuk
menentukan luas segitiga. Setelah selesai kerja berpasangan, salah seorang
peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil kerja pasangannya, siswa
lain diminta untuk memberikan tanggapan. Setelah presentasi selesai, guru
memberikan penegasan.
3. Ibu
Wati guru SD akan membelajarkan materi tentang penerapan luas lingkaran dalam
kehidupan sehari-hari. Ibu Wati merencanakan kegiatan pembelajaran secara
kolaboratif bersama peserta didik. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta didik
memiliki tanggung jawab, kemandirian, mampu bekerja sama dengan anggota
kelompoknya dengan baik tanpa ada bullying, tidak ada pemaksaan kehendak. Dalam
perencanaan itu dibicarakan tentang aturan yang harus dilaksanakan oleh peserta
didik dalam kegiatan, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat di akses,
cara dan langkah kerja untuk menyelesaikan rencana kegiatan secara kolaboratif.
Model pembelajaran yang dipraktekkan oleh Ibu Wati mencerminkan pemberian
kesempatan peserta didik....
A.
Merasa aman dan nyaman dalam pembelajaran
B.
Patuh melaksanakan ajaran agama dan rukun dengan pemeluk
agama lain
C.
Menjadi pribadi yang jujur dan bersikap tidak menyontek
D.
Serius dan sungguh-sungguh dalam belajar baik di kelas maupun
di rumah
E.
Menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan
pribadi
4. Seorang guru SD merancang desain pembelajaran
matematika yang terstruktur sebagai berikut: Guru mengajak peserta didik
mengamati gambar suatu segitiga yang berasal dari setengah persegi panjang
beserta ukurannya. Kemudian guru mengajak peserta didik untuk menemukan tinggi
segitiga tersebut. Setelah tinggi segitiga ditemukan, guru mengajak peserta
didik untuk membandingkan luas segitiga dengan luas persegi panjang. Kegiatan
pembelajaran yang direncanakan guru tersebut bertujuan untuk menemukan.....
A.
rumus luas persegi panjang
B.
rumus garis tinggi segitiga
C.
panjang salah sama sisi segitiga
D.
rumus luas segitiga
E.
rumus keliling segitiga
lebih lengkap silahkan download https://drive.google.com/file/d/1-Ngbxtl74hRqvcWe2cm-DpbYUiGgdBzA/view?usp=drive_link
0 komentar:
Post a Comment