01. RPP Kelas 1 Tema Diriku PB 3 Subtema Tubuhku 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
1/1(satu)
Tema/Subtema :
Diriku / Tubuhku
Alokasi
Waktu : 1 X Pertemuan (5X 35 Menit)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur
,disiplin,tanggung jawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman,dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar,melihat,membaca)dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang estetis,dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
3.1.1
Menirukan teks
deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
4.1.1 Membaca teks deskriptif sederhana tentang
anggota tubuh
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah,sekolah,atau tempat bermain.
Indikator :
3.1.1 Menyebutkan berapa banyak benda
3.1.2 Menunjukkan banyak benda sesuai lambang
bilangan yang ditentukan (1-5)
3.1.3
Menuliskan
lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai dengan
lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
2. Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan
banyak benda yang ada di kelas.
3. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif
sederhana dengan benar.
4.
Setelah mendengarkan bacaan guru,
siswa dapat membaca nyaring teks
deskriptif sederhana dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Bagian-bagian
anggota tubuh
2. Operasi
hitung bilangan
E.
Metode
dan pendekatan Pembelajaran
1. Metode
: (ceramah,diskusi,Tanya
jawab dan demonstrasi)
2. Pendekatan
: Saintifik (mengamati,menanya,mengumpulkan
informasi/ eksperimen,
mengasosiasi/ menalar, dan mengkomunikasikan )
F.
Media,
Alat, dan sumber Pelajaran
1. Jari
tangan dan anggota tubuh guru dan siswa
2. Benda-benda
dikelas
3. Buku
Siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa, menanyakan kabar dan memberi salam.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru memberi
motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
|
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan
menyanyikan lagu”nama-nama jari”
2.
Guru menjelaskan konsep bilangan 1-5 dengan
menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya
3.
Siswa secara bergantian menunjukkan jari
tangan sesuai bilangan yang ditentukan
(1-5)dibawah bimbingan guru.
5.
Siswa diminta mencari benda-benda dikelas atau
diluar kelas sejumlah bilangan tertentu yang sedang dipelajari.
6.
Siswa diminta menunjukkan benda-benda yang mereka
kumpulkan dan menjelaskan banyak benda-benda tersebut.
7.
Guru menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang
anggota tubuh.
8.
Siswa menirukan guru membaca nyaring teks
deskriptif tersebut
9.
Siswa secara bergantian membaca teks sederhana
dibawah bimbingan guru
10.
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap isi bacaan
11.
Diakhir kegiatan guru meminta siswa kembali menyanyikan
lagu “nama-nama jari”
12.
11.Guru meminta siswa mengerjakan latihan dibuku
siswa hal 32
|
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang
sudah dipelajari. Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan
yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri
pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
|
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : percaya diri, disiplin,
bekerja sama.
b. penilaian
pengetahuan : test lisan dan tulisan.
c. Unjuk
kerja : keterampilan
membaca dan menyanyikan lagu “nama-nama jari”
2. Bentuk
Instrumen penilaian
a. Penilaian
sikap
No.
|
Nama
|
Sikap
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian
pengetahuan
Instrumen Penilaian : Tes Tertulis (Isian) dan Lisan
c. Penilaian
keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja :
Rubrik Kemampuan
Membaca
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan
Membaca teks deskripsi sederhana
|
Siswa
mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa
mampu membaca setengah atau lebih bagian teks
|
Siswa
mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa
belum mampu membaca
teks
|
2.
|
Pemahaman
isi teks deskripsi sederhana
|
Mampu
menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu
menjawab setengah atau lebih pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab kurang dari setengah pertanyaan yang diajukan
|
Belum
mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Download >> 01. RPP Kelas 1 Tema Diriku PB 3 Subtema Tubuhku 13
0 komentar:
Post a Comment