SKL MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD)~Seberkas Coretan

Thursday, May 8, 2014

SKL MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD)

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD)
Pendidikan Agama Islam SD/MI
1) Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat      
        Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2) Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha
       dan Qadar
3) Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4) Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui 
        tata cara pelaksanaan ibadah haji
5) Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
6) menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
2. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
1) Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2) Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3) Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4) Memahami hidup tertib dan gotong royong
5) Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6) Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, 
        sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
7) Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8) Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-
        undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9) Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10) Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri

Bahasa Indonesia SD/MI
1) Mendengarkan
 • Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, 
        deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, 
        drama, pantun dan cerita rakyat.
2) Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan 
        perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, 
        deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil 
       pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, 
       drama, dan puisi
3) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan 
        berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama
4) Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi 
       dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, 
       ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun

Matematika SD/MI
1) Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya 
        dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2) Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya, serta 
        menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3) Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, 
        debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4) Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan 
        masalah kehidupan sehari-hari.
5) Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), 
        mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan 
       masalah kehidupan sehari-hari
6) Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7) Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif

Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
1) Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan 
        tertulis
2) Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, 
        upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
3) Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan 
        pada makhluk hidup
4) Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan 
        kegunaannya
5) Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya 
6) Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan 
        hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia

Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
1) Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam 
        kemajemukan keluarga
2) Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja 
        sama di antara keduanya
3) Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan 
        provinsi
4) Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota 
        dan provinsi
5) Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan 
        ekonomi di Indonesia
6) Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan 
        Indonesia
7) Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-  
        benua
8) Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan 
        tindakan dalam menghadapi bencana alam
9) Memahami peranan Indonesia di era global

Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI
1) Seni Rupa
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi 
        dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari 
        bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui 
        gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias 
        dengan teknik   batik
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui 
        gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda 
        kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
2) Seni Musik
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui 
        berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap 
        berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara 
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan 
        Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
3) Seni Tari
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, 
        busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, 
        busana, dan perlengkapan tari Nusantara
Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik Nusantara
Keterampilan
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan 
        makrame
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1) Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2) Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3) Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4) Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5) Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan 
        serta koordinasi otot
6) Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti 
        perkemahan, piknik, dan lain-lain
7) Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal 
        makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba

Bahasa Inggris SD/MI
1) Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam 
         konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2)     Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat sederhana 
        dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3) Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks 
       deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, 
       dan lingkungan sekitar
3) Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda 
        baca yang tepat

0 komentar: