Pendidikan Agama Islam SD/MI
1) Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat
Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2) Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha
dan Qadar
3) Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4) Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui
tata cara pelaksanaan ibadah haji
5) Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan
6) menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
2. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
1) Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2) Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3) Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4) Memahami hidup tertib dan gotong royong
5) Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6) Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari,
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
7) Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8) Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-
undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9) Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
Bahasa Indonesia SD/MI
1) Mendengarkan
• Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita,
deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita,
drama, pantun dan cerita rakyat.
2) Berbicara
• Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan
perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato,
deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil
pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun,
drama, dan puisi
3) Membaca
• Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama
4) Menulis
• Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan,
ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun
Matematika SD/MI
1) Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2) Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifatsifatnya, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3) Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan,
debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4) Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
5) Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram),
mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
6) Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7) Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
1) Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan
tertulis
2) Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia,
upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
3) Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan
pada makhluk hidup
4) Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan
kegunaannya
5) Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6) Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan
hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
1) Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga
2) Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja
sama di antara keduanya
3) Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
4) Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota
dan provinsi
5) Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan
ekonomi di Indonesia
6) Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
7) Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-
benua
8) Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan
tindakan dalam menghadapi bencana alam
9) Memahami peranan Indonesia di era global
Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI
1) Seni Rupa
• Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi
dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
• Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari
bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
• Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui
gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias
dengan teknik batik
• Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui
gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
• Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda
kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
2) Seni Musik
• Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui
berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
• Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap
berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
• Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan
Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
3) Seni Tari
• Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak,
busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
• Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak,
busana, dan perlengkapan tari Nusantara
• Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik Nusantara
• Keterampilan
• Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
• Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan
makrame
• Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
• Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1) Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2) Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3) Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4) Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5) Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan
serta koordinasi otot
6) Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti
perkemahan, piknik, dan lain-lain
7) Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal
makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba
Bahasa Inggris SD/MI
1) Mendengarkan
• Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam
konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
2) Berbicara
• Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat sederhana
dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3) Membaca
• Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
3) Menulis
• Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda
baca yang tepat
0 komentar:
Post a Comment