YANG BARU TENTANG KEGIATAN BELAJAR PADA RPP
Sesuai
dengan Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses, maka ada 3 proses
yang harus dilalui oleh peserta didik pada kegiatan inti di kegiatan
pembelajaran.
”
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan
pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini
dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi,
elaborasi, dan konfirmasi. ”
Apa, dan bagaimana proses tersebut?
Kegiatan Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan
berikut:
1.
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema Materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
2.
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5.
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:
- Membaca tentang
- Mendengar tentang
- Berdiskusi tentang
- Mengamati model (teks/ karya)
- Mengamati demonstrasi
- Mengamati simulasi kasus
- Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang
benar)
- Mencoba melakukan kegiatan tertentu
- Membaca kasus (bedah kasus)
- Talk show
- Berwawancara dengan sumber tertentu
(menggali informasi)
- Observasi terhadap lingkungan
- Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan
awalnya
- Mencoba bereksperimen
- Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang
akan dibahas)
- Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan
dibahas)
Kegiatan Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal
berikut.
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Macam-macam alternatif kegiatan elaborasi:
- Diskusi/ mandiri
- Mengidentifikasi ciri
- Menemukan konsep
- Melakukan generalisasi
- Mencari bagian-bagian
- Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
- Memasukkan dalam kelompok yang mana
(memilah-milah)
- Membandingkan dengan dunia nyata atau
pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
- Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu
dari hasil eksperimen/ demonstrasi
- Meramalkan apa yang akan terjadi dari
eksperimen
- Mengidentifikasi mana yang beda/sama
dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
- Mengidentifikasi apa yang salah/benar,
mengapa salah/benar
- Mengurutkan
- Mengelompokkan
- Mengkombinasikan
- Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang
tidak
- Menghubung-hubungkan (mencari model hubungan)
- Memasangkan contoh dan bukan contoh
(memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Kegiatan Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan
kegiatan-kegiatan berikut.
- memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi:
- Penyimpulan
- Memberikan balikan apa yang dikerjakan
peserta didik
- Penjelasan mengapa salah
- Penjelasan mana yang benar dan yang salah
- Meluruskan yang salah
- Menegaskan yang benar
- Melanjutkan/ menambahkan yang kurang
- Mengangkat kasus yang salah dan yang
benar - menjelaskan mengapa salah/benar
- Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara
mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
- Memperluas contoh yang benar dan yang salah
- Menjelaskan bagaimana seharusnya
- Menciptakan rubrik
Contoh Skenario
KD yang Berfokus pada Pemahaman Konsep
Pendahuluan/ Kegiatan awal
o
Menunjukkan
gambar peristiwa dan bertanya jawab tentang hal yang terkait dengan
kompetensi dasar
o
Bertanya
jawab tentang apa yang akan dipelajari dan manfaatnya
o
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai
o
Apersepsi
(bertanya jawab tentang konsep yang berkaitan)
Kegiatan Inti (alternatif 1)
o
Mengamati
peristiwa yang berkaitan dengan suatu konsep ( Eksplorasi)
o
Bertanya
jawab untuk menemukan suatu konsep (Elaborasi)
o
Berdiskusi
untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (Elaborasi)
o
Secara
individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)
o
Saling
mengoreksi dan mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
Kegiatan inti (alternatif 2)
o
Mengamati
peristiwa alam sekitar yang berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
o
Bertanya
jawab untuk menemukan suatu konsep (elaborasi)
o
Berdiskusi
untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (elaborasi)
o
Secara
individu mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)
o
Berwawancara
dengan narasumber berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
o
Diskusi
tentang hasil wawancara dan kaitannya dengan suatu konsep (elaborasi)
o
Secara
individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (elaborasi)
o
Bertanya
jawab dan mempertahankan konsep yang ditemukan (konfirmasi)
Kegiatan Penutup
o
Menyimpulkan
konsep yang ditemukan
o
Merancang
tugas pengayaan untuk penerapan konsep
Contoh Skenario
KD yang berfokus pada keterampilan (melakukan
sesuatu)
Pendahuluan
o
Bertanya
jawab tentang pengetahuan/ keterampilan yang terkait dengan KD
o
Memotivasi
siswa dengan menyampaikan tujuan atau mengaitkan KD dengan dunia nyata
Kegiatan Inti
o
Melakukan modeling/simulasi
untuk menemukan konsep (eksplorasi)
o
Bertanya
jawab/ berdiskusi tentang model/ simulasi yang telah dilakukan
(Elaborasi)
o
Menyimpulkan
langkah yang benar untuk melakukan (Elaborasi)
o
Praktek
melakukan secara bergantian/ dalam kelompok ( Elaborasi)
o
Saling
mengomentari praktek yang dilakukan dan umpan balik atau penguatan dari guru (
Konfirmasi)
Kegiatan penutup
o
Merefleksi apa yang telah dilakukan dan manfaatnya dalam kehidupan
o
Mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan
o
Memberi tugas lanjutan
tunggu 5 detik dan klik Skipadd di Pojok Atas kanan. File ini langsung akan dapat di Download
0 komentar:
Post a Comment