Pengolahan Nilai Rapor Kelas 1,2,3,4,5,6. Khusus Rapor~Seberkas Coretan

Saturday, July 6, 2013

Pengolahan Nilai Rapor Kelas 1,2,3,4,5,6. Khusus Rapor

Pengolahan nilai rapor ini saya buat sendiri dengan tujuan untuk mempermudah saya dalam menentukan penilaian peserta didik pada satu semester, semester 1 atau semester 2 bisa disesuaikan. 

Pengolahan nilai rapor ini di buat dengan ms. exel dengan memanfaatkan berbagai rumus-rumus yang tersedia dalam ms. exel. Pengolahan nilai rapor yang saya buat ini  intinya mengambil nilai rata-rata siswa melalui beberapa penilaian di antaranya; (1) Ulangan Umum, Setiap kali melakukan ulangan dapat di cantumkan dalam beberapa kolom yang tersedia dalam pengolahan ini, akan tetapi saya hanya membuat 8 kolom yang artinya hanya dapat menampung nilai ulangan umum sebanyak 8 kali, jika kurang mudah saja, buat rata-rata nilainya dan masukkan rata-rata nilai tersebut ke dalam kolom yang dikosongkan. (2) Tugas, setiap tugas yang diberikan baik tertulis maupun praktek dapat dicantumkan dalam kolom tugas dan PR (pekerjaan rumah), untuk tugas dan PR pengolahan nilai yang saya buat ini hanya dapat menampung 10 penilaian, jika kurang sama seperti yang saya jelaskan di atas ambil saja nilai rata-ratanya. (3) Pengamatan, selain penilaian tertulis dan praktek seperti yang kita ketahui ada penilaian yang harus kita lakukan melalui pengamatan kepada peserta didik yaitu melalui pengamatan mengenai tingkah laku dan kesopanan, sosialisasi, dan sebagainya. Pengolahan nilai ini juga memuat kolom untuk penilaian yang dilakukan melalui pengamatan yang dilakukan guru kepada peserta didiknya, kolom yang tersedia hanya 5 kolom atau 5 kali penilaian melalui pengamatan.

Pengolahan nilai ini memuat maksim 100 siswa dengan masing-masing mata pelajaran yang terdiri dari; Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Mulok 1 dan Mulok 2,.

Sheet pertama berformat data, data yang dapat di isikan mengenai data siswa, nama siswa nomor induk tempat dan tanggal lahir dan sebagainya, nama guru, kepala sekolah untuk tanda tangan, serta tabel tambahan berupa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika nilai rata-rata siswa di bawah KKM maka di sheet terakhir akan bernilai Tidak lulus dan jika Nilai rata-rata siswa sama atau lebih dari KKM maka akan bernilai LULUS.

Baik langsung saja jika anda berminat dapat di download di Sini

Catatan.
-      Cara download tunggu 5 detik kemudian Klik Skip ADD
- Rentang penilaian adalah puluhan contoh : 10,55; jika nilai satuan maka data akan di tolak
- Fail ini di proteksi tentunya dengan pasword, dengan Alasan Keamanan agar rumus atau pemanfaatan Link tidak kacau.
- Nilai rapor yang di ambil merupakan nilai rata-rata saja jadi tidak di persentase seperti pengolahan nilai pada pengolahan nilai kelulusan yang biasa untuk kelas 6
- Pengolahan nilai ini dapat digunakan pada semester 1 atau 2 tinggal di sesuaikan pada sheet data.
- Jika mau print out, gunakan kertas A4.
- Dan Jika anda menemukan pertanyaan, masalah atau kesalahan dalam Pengolahan Nilai yang saya buat ini mohon hubungi saya
- Seperti kata orang “Tak Ada Gading yang Tak Retak” jadi Kritik dan saran anda akan saya hargai demi  kebaikan blog saya, atau demi terwujudnya pengolahan nilai yang lebih baik. 

0 komentar:

 
Bagi yang membutuhkan
Data NISN SDN Selatip
Silahkan Klik
DiSiNi